Baru ngeh kalo sekarang BCA memotong saldo rekening sebesar Rp. 50.000. Cari-cari infonya di situs BCA nemu gambar ini
50 ribu rekening bca

Jadi saldo tersebut bukan dipotong, melainkan disimpan/ditahan oleh BCA. Jumlah saldo yang muncul di menu INFORMASI SALDO internet banking BCA sama dengan yang muncul bila di cek di ATM, bedanya kelihatan bila anda mengecek lewat menu MUTASI REKENING

Informasi dari BCA

Ini jawaban dari BCA
informasi bca mengenai saldo tertahan
Yang kesulitan membaca teks di gambar, bisa melihat salinannya dibawah

Sehubungan dengan email yang Bapak/Ibu sampaikan, terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu telah menjadi nasabah PT Bank Central Asia Tbk dan telah menghubungi kami melalui layanan email korespondensi [email protected].

Saya Feby akan menjelaskan informasi yang Bapak/Ibu perlukan.

Sesuai email yang kami terima pada tanggal 15 Februari 2018 mengenai saldo, kami informasikan bahwa Efektif per Februari 2016 terdapat beberapa perubahan ketentuan saldo minimum yang di tahan dan saldo rata-rata minimum perbulan, dengan rincian sebagai berikut:

1. Perubahan saldo minimum yang di tahan.
Jenis Rekening :
– Tahapan : dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 50.000,-
– Tahapan Gold : dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 50.000,-

2. Pemberlakuan saldo rata-rata minimum per bulan agar tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.
Jenis Rekening:
– Tahapan : saldo rata-rata minimum per bulan Rp. 100.000,- dengan biaya administrasi tambahan Rp. 5.000,- jika saldo dibawah rata-rata minimum
– Giro Rupiah : saldo rata-rata minimum per bulan Rp. 1.000.000,- dengan biaya administrasi tambahan Rp. 25.000,- jika saldo dibawah rata-rata minimum

Adapun untuk biaya administrasi rekening Giro tanpa paspor BCA Rp 30.000, dengan paspor Silver BCA Rp 30.000, dengan paspor Gold BCA Rp 35.000, dan dengan paspor Platinum BCA Rp 40.000.

Pengecualian biaya:
Khusus rekening Tahapan yang digunakan untuk rekening payroll dari perusahaan yang bekerja sama dengan BCA tidak mengalami perubahan saldo minimum yang ditahan dan tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.

Sehingga apabila jenis rekening Bapak/Ibu ialah jenis rekening Tahapan yang sebelumnya sudah terdapat saldo yang ditahan sebesar Rp. 10.000,- pada saat pembukaan rekening, maka akan didebet kembali sebesar Rp. 40.000,- dan untuk pendebetan tidak dilakukan setiap bulan melainkan hanya satu kali. Sehingga, selisih saldo sebesar Rp 50.000 pada menu Informasi Saldo dan Mutasi rekening di KlikBCA disebabkan oleh adanya ketentuan saldo mengendap minimal bagi rekening Tahapan. Untuk saldo efektif yang dapat dipergunakan, yaitu yang terdapat pada menu Informasi Saldo.

Last Updated on 25 January 2021 by tommy

Join the Conversation

299 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Baca gimana ini.. Bulan nov kmrin saya ada saldo masuk ke rek dan terpotong sampai 60rb..saya cuma berpikir ihh mungkin saya bbrp bulan tidak trnsaksi itu utk biaya admin.. Dan bulan Desember skrg saya ada tranfer dr adik saya 200 rb,,, saya cek kok tinggal 150rb..lsg dipotong 50rb ..tidak ada mutasi juga… Tolong bca klo seperti ini saya jadi males pakai bank ini…tidak ada info dan keterangan.. Main potong ajaa..cari uang skrg susah.. Jgn lah mempermainkan begini..

  2. Iya sama mana ada titipan dari orang malah kepotong 50 gaada pemasukan sama sekali aku cuma kuliah duh

  3. Najis bgt bulan juni kk gw tf berkurang 50 rb oke dah gapapa udah ada 2 bulan juga ga diisi bca nya mungkin denda lah bulan juli sekarang pertengahan ada yg tf 1,3 ko malah jadi 1,2 tai sih lama lama ga ikhlas 50 rb juga pindah bank aja lama lama kalo gini

  4. Buka rekening bca baru, saya coba tf dr rek mandiri saya sebesar 100 rb, pas di cek di m banking bca, kok cmn 50rb, di cek mutasinya tdk ada
    Kira2 50rb nya kemana ya

  5. Saya fikir saya doang yg Al-Amin,kebangetan emng.
    Pantesan beberapa hari lalu temen tf 177.500 ,pas dicek mbangking saldo hanya ada 137.500,hampir salah paham saya kira dia bohong tapi di kasih bukti nya ternyata sesuai,40.000 hilang tanpa kabar.
    Dan baru kemaren pinjem duit sama Ade ,100.000 di TF ke rek ,saat di cek sore hari normal ada,saat sehari selanjutnya pas mau di tarik ternyata saldo sisa 79.000 ,padahal saya narik dari mesin ATM BCA

  6. Di cek mutasi tidak ada keterangan,tetapi saldo berkurang 40k
    Terus kemana ini lari nya. Sdh 3x dlm waktu 1th

  7. Perasaan gk ada tunggakan di Biaya bulanan tp kepotong 50rb. Kl uang ditahan , kapan dibalikinnya ???
    Kl gk dibalikin sama aja dipotong bukan ditahan lagi kan namanya
    -_-, kl gak jelas gini mending take out duit semua ganti bank aja -_-.

  8. Kok tumben ya BCA begini, kemarin mbanking saya eror tulisannya harus verifikasi ualng. Setelah saya verifikasi ulang dan berhasil, cek saldo jadi berkurang 40rb, cek mutasi tidak ada sama sekali.

    1. Bener loh, di atm sisa Rp.85.000. Dari shopeepay aku trf ke akun bca Rp.715.000. Niat hati besok hari mau tarik tunai 800rb. Eh saldonya cuma 760rb jadi ilang 40rb. Aneeeeeh

    2. Barusan saya juga gitu..seharusnya saldo saya rp.112.900 setelah saya cek ternyata hanya sisa 62.900..yg 50.000 kemana..saya cek dimutasi tidak ada sama sekali.knapa bca jd ky gni sih

      1. Gw ilang 2 kali 40 rb bulan mei

        Skrrng ilang lagi 50 rb bulan agustus .

        Lama2 tai ni bca

  9. Disaldo tabungan BCA sy 6.300.000 pas sy cek saldo lewat mobile BCA saldo berkurang menjadi 6.192.000 yang 108.000 kemana ya? pas cek di mutasi rekening dari tgl 1 – 31 Januari 2022 ada mutasi dana sebesar Rp 20.000. Sedangkan uang 172.000 tdk tertera di mutasi rekening..ini kacau sistem BCA seperti ini, kalau perhari mengambil 50.000 – 100.000 tambah kaya pemilik BCA.

    1. Hari senin 21 feb setor tunai 5.100.000 pas dicek jam yang sama di mbangking 5.90.000 eh iya aja hari selasa 22 feb pagi ngecek malah tinggal 5.57.500 gimana ya bca buat jantungan bgt ini ya allah

    2. Sama punya ku juga, sering tiba2 hilang nominal 25rb tapi besok nya udh balik sendiri. Terus baru minggu lalu hilang lagi 35rb, di mutasi tidak ada riwayat transaksi, sampai sekarang belum balik. Ketika laporan ke CS BCA bilangnya suruh telp ke HaloBCA. Ribeettt

    3. Punya saya juga sama pertama di trf 200000 saldo cuma ada 150000 yang kedua di trf 100000 cuma ada 50000 tapi di mutasi gak ada keterangan potongan apa gada itu ilangnya bayar apa jadi bingung dan males trf lagi ke BCA padahal blum ada seminggu 🙂

    4. Serius itu perhari diambil?, aq juga tadi gtu, bru tadi pagi ke cabang bca gnti kartu sklian print out trnkssi dan liatin saldo akhir , eh tdi ke atm mw narik duit kok ilang 50 rb , smpe liat lagi tu buku tabungan , klo ada pmotongan baiaya tmbahan kok gk diinfo ama cs nya ,

  10. Perasaan bulaan kmrin udah d potong banyakk.. sengaja gua kosongin saldonya takut kena pontong. Teruss hari ini temen sy tf 80rb, lahh baru di cek saldo tinggal 30rb. Yg 50rbnya kmnaa😢.. jahat bangett BCA, bayangin klo smua nasabahnya d gtuin tnpa info yg jelas… Udh brp keuntungannya???

  11. Ko BCA dzolim bgt si ya sekarang, td saya jg abis cetak kartu. Sekalian taro saldo 2jt kepotong 50rb. Pas liat di m-banking saldo 1,950rb.

    1. Saya juga sama tiba2 saldo saya di atm BCA menghilang 60000 pdahal kmaren malam msih ad saldonya giliran tdi siang saya cek tinggal 0. Pdahal tiap bulan saya trpotong admin 15000. Kira2 penyebabnya apa ya

    2. BCA sekarang sudah banyak memakan uang riba.
      Saya sampai kesel, uang cukup²an eh malah sisa saldo. 0.00
      Maksudnya bagaimana? Kenapa seperti ini? Saya tidak iklas. Dan kalian juga sudah memakan uang haram. Yang seharusnya potongan 15.000 sekarang malah semua di isi di saldo di ambil🤦‍♀️

  12. Klo ga susah payah daftar internet banking sy gtw kl saldo tb2 ditarik 50rb tanpa ada brita dimutasi,tkt2 gni deh naro duit di bca.

  13. Saya baru buka rekening mobile BCA.
    Hitungan hari untuk transaksi bisnis saya
    Baru juga dapat pembeli transfer 108ribu..
    SDH kepotong 50rb.
    Sedangkan itu uang untuk pembelian barang.
    Berarti saya yg harus nombok untuk kekurangan.
    Ini gak baik bila seperti ini.
    Blm juga dapat untung.
    Malah buntung.
    Jadi harus disediakan dalam situasi plandemi seperti ini.
    BCA harus bertanggung jawab.

  14. Cari jawaban gara2 kemarin buka rekening baru ,setor awal 50ribu berkurang 10ribu. Hari ini saldo tinggal 15ribu.
    Padahal nunggu transferan dari saldo di rekening lama gk masuk masuk malah yg 50ribu ini udah berkurang terus
    Ditanya ke halo bca jawabannya bikin pusing
    Ya ampun…ini saya yg gaptek atau gimana

    1. Syq isi saldo pertma 50 rb tapi gk ada pas cek saldo,trus ada masuk tf 100 tinggal 86 RB.aduh pada kmnq uang nya

  15. Sama say jg barusan dpt transferan bgitu di buka berkurang 50 ribu..ini bukan peraturan baru..tp nyolong gaya baru…sumpah gwe gk ihklas walaupun 50 ribu sangat berharga buat saya…..

  16. Saya juga barusan nelpon cs gaada solusi gaada kejelasan katanya di sistem mereka juga gamuncul mutasi, bisa rugi lama lama pake bca kepotong tanpa ada mutasi gajelas

    1. 2 Minggu kmren,saya Bru buka m-banking BCA, temen TF 150rb pas di cek saldonya cm 100rb,tadi sore temen TF lagi 100rb pas di cek ada 81rb saldonya,,, knpa BCA jadi kacau begini saldo hilang di potong tuyul,,,jadi nyesel pake BCA,,,pindah ke DANA lg aja ga ribet

        1. Sama. Baru buka rek bca sekalian naro saldo 500 rb terus cek di banking sisa 450 rb dan barusan cek lagi sisa 426 rb. Ko gitu ya ini kenapa bca

    2. Sama ih , ngeselin bgt… Pas bikin ATM baru kepotong 50ribu yaaa mungkin buat biaya buku tabungan kali yaah, trs selang 2minggu aku dapat tf 38.000 , eh cek saldo masa cuma 18.000 RB doang

      1. Iya ke potong2 gitu bisa rugi banget kalau gini caranya masa tiap cek saldo lewat mbanking selalu berkurang. Niat taro uang di atm supaya awet lah taunya berkurang terus. Ada yg bisa menjelaskan ini kenapa

      2. Saya setor tunai 2.050.000 tp uang ga nambah di saldo,dan cek mutasi pun ga ada keterangan uang masuk. Bikin laporan berkali-kali pun tetep nihil ga ada uang nyangkut di mesin crm nya,akhirnya yaudah nyerah saldo ilang gitu aja setelah ga ada solusi samasekali.
        Dan skrg udah 2x saldo tiba2 ilang di bikin 0 rupiah,di mutasi yang tertera cma potongan admin bulanan sebesar 14.000 rupiah.
        sisanya entah kmna..

  17. Saya juga alami maslah yang sama setiap kali dapat tf an, saldonya berkurang 50 entah kmna. Dalam bulan yg sama kalo dpat tf 4x trus kepotong 50 tiap tf, bisa rugi saya. Pdhal uang di tf pas2 bkannya untung malah buntung. Terlalu bnyak potongan trus gak ada pemberitahuan jdi kaget. Tolong dong jangan asal potong aja krna kita ini kalo dpat tf pas2, kalo di potong jadi berkurang pusing nyari sisanya kmna lgi.😔 padahal dlu BCA gak ad potongan smpe segitu. Setau sya potongan nya cuman 15 rbu tiap bulan😔 tolong konfirmasinya

    1. Saya juga sama baru buka rekening tmn saya tf 200 eh pas di cek 150 yg 50 nya kmna gtu gk ada pemberitahuan juga ada apa dengan bca pusing gw klo trus trusan rugi gw!.

      1. Sama tanggal 3 Maret kemaren teman saya tranfer 200 rebu tapi di ATM saya cuma ada 150 ribu. Saya pikir mungkin biaya admin jadi saya ambil 150 nya takut kepotong lagi kalo simpan di atm. Trus di tanggal 17 Maret baru saja saya tranfer 50 rebu eh saldo nya jadi 6.600 kemana 46 rebu nya. Nyesek banget

        1. Sama, 8 maret kmrin saya masukin uang 50, ada potongan 10rb. Trus saya tarik 25, pas dicek di m.bca kok saldo tidak sama dengan yg di buku ya. di saldo tertera 24.926. jd kmba uangnya

    2. Saya juga sama.. Barusan dpt tfan 100rb dari teman.. G tauny yang masuk cmn 50rb.. Padahal ss dr hp tmab trkrim 100rb..nyesel dah.. Enakan pake DANA

  18. Kemarin istriku buka rekeni bca baru langsung kepotong 50k
    Tadi pagi di cek lagi kepotong 10k
    Tapi di mutasi gak ada keterangan,jadi was was jadinya nabung di bca,tadinya buat nabung

    1. Kok sama ya, suami ku jg gtu,, awal bulan udh kepotong 40rb, eh ini tgl 16 oktober kepotong lagi 10rb

    2. Sama sy baru buka rekening baru kena potongan 50rb, terus 3hari kemudian ada yg trf cek lg kepotong lg 20rb, cek lagi kepotong lg🤦🏿‍♀️

  19. Parah banget dah bca baru aja saldoku kepotong 10.000 eh di transferin kepotong lgi 50.000 .
    Serentak aja sudah kita ndak pake bca

  20. Tai bca sebulan ampe 4kali potongan 15ribu

    Malah tadi saldo kepotong 40k tp d cek mutasi gak ada transaksi

    Atm koplok korupsi mulu

    1. saya juga barusan cek saldo kepotong 50.000
      lalu saya cek mutasi tidak ada transaksi juga,
      malahan td sy mikirnya ada yg nyolong,

    2. Wahhh sama nih aku jg siang ini berkurang 40rb, pas tanya ke kantor bca terdekat katanya bener itu jd ngendap makanya ga ada di mutasi, kesel banget

  21. Kemarin (bulan september ini) saya dapet tf dari kaka saya sebesar Rp. 200.000,- pas mau di ambil dan di cek berkurang 50.000 hilang 50.000, saya biarkan setelah 10 hari kemudian saya dapet tf sebesar 100.000 pas ingin ambil dan cek saldo berkurang 48.000, lantas saya berfikir kenapa begini ya sib nasib mana mhs lagi butuh duit di tf gocap ludes langsung, padahal biasanya engga gini, ini ko aneh aja , saya search di google ternyata bukan saya aja yg ngalamin.

  22. Knp ya kok pandemi gini peraturan makin aneh bgt.. Saldo suka ngilang trus. Stiap isi saldo ato dpt tf an pasti saldo brkurang 50 rb lah 60 rb lah. Parah bgt ini . Bad bgt. Aplgi qt nya gak make apa2 knp saldo berkurang trs ya ud 4x lo ky gini

    1. Nahh kasus nya sama, kemarin saya dapet tf dari kaka saya sebesar Rp. 200.000,- pas mau di ambil dan di cek berkurang 50.000 hilang 50.000, saya biarkan setelah 10 hari kemudian saya dapet tf sebesar 100.000 pas ingin ambil dan cek saldo berkurang 48.000

      1. Wah barusan saya juga, di tf 50k dari temen
        Eh malah kepotong 44k dong .
        Kaya gini uangnya harusnya bisa di pakai malah ga bisa.!!!

  23. Sama juga sayaudah isi 2x selalu terpotong 50rb. Aduh ini isi saldo buat transaksi cari untung malah jadi buntung. 🤣🤣🤣

    1. Kenapa y skrg BCA stiap Bulan motong saldo terus udah 4x saya gini.. Pertama 58 rb trs 60 trs 60lg trs 50 lg . biaya apa ya koq jdi jelek bgt ya. Stiap setor ptongan besar bgt

    2. Saya udah 3 kali nih yang inget …kepotong 50.000 tapi rekening bca yang satunya ngga kepotong kalo di transfer ..itu kan sama aja mengambil milik orang lain ..parah emang BCA

  24. Blm lama saldo msh sktr 13000an tiba2 aj hilang & sempet tranfer 200000 tgl 6 agustus 2021 atm bca jumlah saldo jadi 177000 berkurang skitar 23000.
    Cek lewat bca mobile mutasi ndak ada keterangan. Mosok dalam 1 bln ada pengurangan 2x potongan
    Uang berkurang tetapi tidak ada keterangan sama sekali..

    1. Saya juga
      Dengan alasan dana mengendap
      Padahal udah dipotong biaya admin 15 rb
      Tapi masih di comot lagi 50 rb dengan alasan uang mengendap

      1. Saya fikir saya doang yg Al-Amin,kebangetan emng.
        Pantesan beberapa hari lalu temen tf 177.500 ,pas dicek mbangking saldo hanya ada 137.500,hampir salah paham saya kira dia bohong tapi di kasih bukti nya ternyata sesuai,40.000 hilang tanpa kabar.
        Dan baru kemaren pinjem duit sama Ade ,100.000 di TF ke rek ,saat di cek sore hari normal ada,saat sehari selanjutnya pas mau di tarik ternyata saldo sisa 79.000 ,padahal saya narik dari mesin ATM BCA

  25. Saya di tf temen 100
    Cuman masuk 50
    Eaokan hari di trnsfr 100
    Cuman masuk 50 lagi

  26. Sama saya juga ini sama saja n**u gak sih soalnya gak ada infonya sama sekali walaupun di tahan tpi ttep cantumkan lh saldonya kyak bank2 lainya